Pandemi Covid-19 memang membuat Anda tidak bisa bepergian ke mana-mana. Agar tidak bosan di rumah, banyak orang yang mulai mendalami hobi baru yang bisa mereka lakukan di rumah, seperti berkebun.

Jika Anda tertarik untuk memulai hobi baru untuk berkebun, CASA Indonesia memiliki 6 tips sederhana agar hobi baru Anda di rumah bisa sukses.

1. Pelajari teknis berkebun

© Disediakan oleh CASA IndonesiaMossy Oak

Jika Anda benar-benar awam mengenai serba-serbi berkebun, hal yang pertama kali Anda perlu lakukan adalah mempelajari teknis tentang berkebun.

Anda bisa mencarinya melalui internet, atau dengan membaca buku atau majalah yang membahas topik berkebun, mulai dari teknik irigasi hingga merawat tanaman tertentu. 

2. Kenali iklim tempat Anda

© Disediakan oleh CASA IndonesiaDelcreations / 123rf

Iklim menjadi poin penting yang harus Anda pikirkan sebelum mulai berkebun. Di Indonesia yang iklimnya lebih condong ke arah tropis dengan tingkat elevasi daratan yang berbeda-beda, tanamannya pun akan bervariasi.

3. Evaluasi tanah Anda

© Disediakan oleh CASA IndonesiaShifting Roots

Tanah merupakan bahan penting yang menentukan kesuksesan kebun Anda. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar tanah dapat terus menjadi media tanam yang maksimal.

Salah satu caranya dengan menggemburkan tanah dengan sekop, lalu jangan lupa juga untuk memberikan tanah Anda berupa mineral seperti tembaga dan klorin.

4. Mulai desain kebun Anda

© Disediakan oleh CASA IndonesiaMorning Chores

Kebun yang baik adalah kebun yang tidak hanya produktif, tetapi juga indah dipandang. Agar kebun Anda terlihat indah, Anda bisa mulai mengukur luas lahan dan menentukan layout kebun yang Anda inginkan.

Pastikan beri jarak beberapa sentimeter dari tanaman lahan tanam satu ke lahan lainnya sebagai tempat untuk Anda berjalan.

5. Perluas koneksi dengan kebun-kebun lain

© Disediakan oleh CASA IndonesiaIlustrasi kebun. Rooftop karya D-Associates Architect / Mario Wibowo

Agar hobi berkebun Anda bisa semakin seru, Anda bisa berbagi tips atau keluh kesah tentang berkebun kepada orang lain yang memiliki hobi sama.

Anda tentu bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru dari orang yang lebih berpengalaman, dan bukan tidak mungkin Anda bisa bertukar bahan-bahan dengan mereka.

6. Mulai pelajari DIY

© Disediakan oleh CASA IndonesiaHouzz

Hobi memang sebaiknya berjalan perlahan dan tidak harus menguras kantong. Anda bisa mulai belajar membuat sesuatu sendiri atau do it yourself (DIY) untuk kebun Anda, seperti membuat lemari germinasi atau rumah kaca.

Categories: Home Living

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *