Melakukan sesuatu secara rutin, dimulai dari hari demi hari, minggu demi minggu, bulan demi bulan, selama bertahun-tahun, itulah yang membuat seseorang menjadi ahli. Seperti membersihkan rumah, jika Anda melakukan tugas ini berulang kali, secara tidak sadar Anda telah menyempurnakannya sedikit demi sedikit dengan cara yang lebih sederhana, tentunya hal yang Anda telah lakukan itu lebih efisien. Oleh karena itu terdapat 10 step yang bisa Anda coba dirumah, yaitu:

1. Mulailah mengepel dari sudut, karena ini mempermudah

© Disediakan oleh CASA Indonesia

Ketika mengepel, sering kali Anda lupa untuk memulainya dari sudut terjauh terlebih dahulu. Karena pada nyatanya, memulai dari sudut sering kali menjadi cara terjitu untuk memastikan Anda tidak mengotori lantai dengan cara melewatinya. Dan cara ini juga merupakan cara teraman untuk meminimalisir terpeleset hingga terjatuh karena lantai yang licin.

2. Rendam piring-piring yang memiliki sisa makanan sebelum mencucinya

© Disediakan oleh CASA IndonesiaApartment Therapy

Menjadi salah satu hal yang paling tidak disenangi saat mencuci piring, yaitu mencuci peralatan berminyak yang menjadi masalah setiap individu dirumah. Anda bisa menyiasatinya dengan cara menuangkan sedikit air hangat dan sedikit sabun cuci piring ke dalam panci atau wajan ini, lalu membiarkannya sebentar hingga mendapat giliran terakhir saat dicuci. Karena di waktu itulah sisa-sisa minyak atau makanan melunak dan akan mudah untuk dibersihkan. 

3. Siapkan metode cuci piring terjitu yang Anda miliki

© Disediakan oleh CASA IndonesiaApartment Therapy

Ketika dihadapi dengan setumpuk piring kotor, Anda harus memiliki cara terjitu untuk membersihkan segunung peralatan kotor ini untuk mempermudah pekerjaan Anda. Ada yang memulainya dengan menumpuknya terlebih dahulu agar tetap memiliki ruang, ada yang langsung mencucinya tanpa menumpuk. Memulainya dengan mencuci sendok dan garpu terlebih dahulu baru piring, banyak rencana yang dapat Anda lakukan.

4. Bersihkan area tinggi terlebih dahulu baru ke area yang rendah

© Disediakan oleh CASA IndonesiaApartment Therapy

Idealnya, cobalah membersihkan sesuatu dari tempat yang tinggi baru yang rendah. Karena jika Anda memulainya dari area rendah, ketika Anda membersihkan area tinggi debu yang terjatuh akan mengotori bagian bawah dan Anda akan bekerja dua kali untuk membersihkan hal yang sama. Oleh karena itu, cobalah untuk membersihkan bilah kipas langit-langit, rak buku dan penutup lampu terlebih dahulu, lalu menyedot lantai Anda.

5. Jangan gunakan lap biasa untuk membersihkan jendela kaca atau cermin!

© Disediakan oleh CASA IndonesiaCASA Indonesia

Kebiasaan orang mengelap kaca atau cermin menggunakan lap itu hanya meninggalkan jejak kotor. Karena nyatanya, lap biasa yang Anda gunakan itu meninggalkan serat yang menjadikan kaca atau cermin tetap kotor. Gantilah lap biasa Anda menggunakkan t-shirt bekas atau kain microfiber sebagai gantinya.

6. Pikirkan terlebih dahulu sebelum menggunakan pembersih serba guna

© Disediakan oleh CASA IndonesiaIkea

Ternyata, pembersih serba guna bukan lah ide yang baik untuk membersihkan segalanya. Karena pada nyatanya, menggunakan pembersih serba guna pada kaca akan meninggalkan goresan jika tidak cepat dikeringkan, jika mengandung bahan asam itu dapat merusak furnitur kayu dan kulit Anda.

7. Jangan lupa untuk mengganti air pel ketika air sudah keruh

© Disediakan oleh CASA IndonesiaIkea

Ada hal yang harus diperhatikan selama mengepel, yaitu mengganti air pel Anda setelah air nya terlihat kotor. Karena jika tetap menggunakan air kotor untuk mengepel itu sama saja dengan Anda mengagalkan apa yang sudah dikerjakan. Buang dan isi kembali air menggunakan sabun pel untuk memastikan lantai tetap bersi.

8. Singkirkan barang-barang bervolume besar sebelum menggunakan vakum

© Disediakan oleh CASA Indonesia

Jangan lupa untuk menyingkirkan barang-barang sebelum Anda menggunakan penyedot debu, karena itu mempermudah pekerjaan Anda jauh lebih efektif dan lancar. 

9. Tidak boleh ketinggalan, rapikan pula- barang-barang yang masih bersih

© Disediakan oleh CASA IndonesiaIkea

Saat menjaga kebersihan di rumah, selalu bersihkan dari yang paling bersih hingga paling kotor. Seperti ketika Anda membersihkan kamar mandi, bersihkan lah daerah yang terlihat paling bersih dahulu dan pindah ke daerah yang paling kotor yaitu toilet. Karena jika Anda mengerjakan secara sebaliknya, itu akan membuat seluruh area ruangan terkena kotoran terlebih dahulu.

Categories: Home Living

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *