Sebagaimana diketahui, lantai merupakan komponen penting dalam sebuah hunian. Selain berfungsi sebagai alas rumah, lantai juga berfungsi untuk memperindah rumah. 

Saat ini, terdapat beragam tipe lantai rumah yang tersedia. Dengan begitu banyaknya tipe lantai, memilih tipe yang tepat untuk rumah Anda tentu bukanlah perkara yang mudah. Pemilihan tipe, material, dan motif perlu disesuaikan dengan fungsi, luas dan desain interior tiap-tiap ruangan. 

Berikut ini CASA Indonesia telah merangkum beberapa referensi tipe lantai untuk rumah Anda!

1. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl

© Disediakan oleh CASA Indonesia Lantai Vinyl(Lantai vinyl. Foto:Dok. Atrafloor)

Jika Anda mencari lantai rumah dengan perawatan yang tidak terlalu rumit dan ekonomis, lantai vinyl bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda. Lantai vinyl terbuat Polyvinyl Chloride (PVC) yang memiliki tekstur halus dan motif yang beragam. Tipe lantai ini juga dinilai mampu bertahan dalam waktu yang lama. 

Menariknya lagi, lantai vinyl akan cocok dan terlihat bagus untuk melapisi seluruh ruangan di rumah Anda. Namun, perlu diperhatikan lantai vinyl umumnya mengandung unsur kimia yang diketahui dapat memengaruhi kualitas udara di dalam ruangan rumah. 

2. Lantai Ubin

Lantai Porcelain

© Disediakan oleh CASA Indonesia Lantai Porcelain(Lantai porcelain. Foto: Dok. floor and decor)

Keramik dan porselen adalah jenis lantai yang paling umum digunakan, dan keduanya memiliki kelebihan dan kegunaan yang berbeda. 

Ubin keramik sangat ideal digunakan pada kamar mandi, karena tidak menyerap banyak air, namun pilihlah keramik dengan tekstur yang agak kasar agar tidak licin. Selain itu, keramik juga cocok digunakan untuk interior atau bahkan digunakan pada dinding di kamar mandi. Sayangnya, lantai keramik mudah mengalami perubahan suhu, sehingga lebih mudah pecah dan tidak nyaman diinjak saat suhu sedang tidak stabil. 

Sementara ubin porselen umumnya lebih padat, lebih tahan air, dan lebih tahan lama sehingga sangat cocok digunakan untuk area lorong, dapur atau area rumah yang banyak lalu lintas pejalan kaki.

3. Lantai Laminasi

Lantai Laminasi

© Disediakan oleh CASA Indonesia Lantai Laminasi(Lantai laminasi. Foto:Dok. The Home Depot / Pinterest)

Lantai laminasi adalah tipe lantai serbaguna yang ideal digunakan untuk semua ruangan di rumah Anda. Tipe lantai ini memiliki permukaan yang halus dan desain yang bervariatif. Lantai laminasi dikombinasikan dengan lapisan pelindung ekstra yang tahan terhadap noda dan penghalang kelembapan di bawahnya, sehingga dapat digunakan pada kamar mandi atau dapur. 

Dalam perawatannya, lantai laminasi jangan dibiarkan dalam keadaan terlalu basah dan jangan tempatkan furnitur yang terlalu berat di atasnya. 

4. Lantai Karpet

Lantai Karpet

© Disediakan oleh CASA Indonesia Lantai Karpet(Lantai karpet. Foto:Dok. @_nathaliemartin / Instagram)

Jika Anda mencari tipe lantai yang nyaman dan hangat, tipe lantai karpet mungkin menjadi pilihan terbaik. Tipe lantai karpet cocok bagi Anda yang memiliki anak kecil agar dapat menghindari cedera saat bermain. Lantai karpet juga dapat membuat rumah tampak lebih mewah dan indah. Selain itu, karpet juga dapat memberi Anda manfaat lain seperti isolasi suara, penghematan energi dan kenyamanan saat diinjak. 

Tipe lantai karpet sangat mudah menjadi sarang debu dan kotoran, sehingga lantai karpet perlu dibersihkan secara berkala agar tetap terjaga kebersihan dan kenyamanan. 

5. Lantai Kayu

Lantai Kayu

© Disediakan oleh CASA Indonesia Lantai Kayu(Lantai kayu. Foto:Dok. Flooring Superstore)

Apa Anda sedang mencari lantai untuk kamar tidur? Jika iya, tipe lantai kayu mungkin bisa menjadi pilihan. Lantai kayu memiliki variasi ketebalan, tekstur dan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan desain rumah. Tipe lantai kayu sangat ideal digunakan pada kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan lorong rumah. Lantai kayu tahan terhadap perubahan suhu dan tahan terhadap goresan, sehingga sangat nyaman saat diinjak. Ingatlah untuk mengapalikasikan pelapis agar lantai kayu lebih tahan lama. 

6. Lantai Marmer

© Disediakan oleh CASA Indonesia(Lantai marmer. Foto:Dok. Tile Expert)

Penggunaan lantai marmer dalam hunian Anda dapat memberikan tampilan mewah, elegan dan modern. Lantai marmer memiliki motif dan warna yang beragam, serta memiliki pola yang saling menyambung. Hebatnya, tidak hanya dapat digunakan untuk lantai, marmer juga dapat digunakan untuk interior rumah. 

Perlu diingat untuk tidak menggunakan lantai marmer untuk area outdoor, karena marmer lebih mudah memudar dan berjamur jika sering terkena matahari. 

Lantai marmer diketahui memiliki harga yang relatif mahal, dan dalam pengaplikasiannya pun membutuhkan seorang ahli agar tidak mudah rusak dan retak. 

7. Lantai Granit

© Disediakan oleh CASA Indonesia(Lantai granit. Foto & Desain Interior: Dok. Arlington Interior UK)

Tidak hanya lantai marmer, penggunaan lantai granit juga akan memberikan tampilan mewah pada rumah Anda. Tipe lantai granit memiliki tekstur yang lebih padat, sehingga sangat cocok digunakan untuk area rumah banyak terkena air seperti kamar mandi. Dalam perawatannya, lantai granit juga mudah untuk dibersihkan. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *