Mendesain interior rumah minimalis tentu bukan perkara mudah ya, Bun. Interior yang tidak dijaga dengan baik akan membuat rumah terlihat membosankan.

Jennifer Tulley dari Jennifer Tulley Architects mengatakan bahwa minimalis adalah pendekatan untuk merancang, di mana elemen-elemen strukturnya disederhanakan. Tidak ada yang ditambahkan untuk efek karena hanya menyederhanakan komponen-komponen penting.

“Desain harus jelas dan sederhana, tetapi tidak membosankan,” kata Tulley, dilansir Elle Decor, Senin (11/5/2020).

Bunda sebaiknya memastikan kembali apakah dekorasi rumah minimalis tidak berubah menjadi membosankan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut 5 tips yang perlu diikuti:

1. Tambahkan unsur kepribadian

Salah satu tips desain interior rumah minimalis yang penting adalah menanamkan dekorasi dengan gaya dan karakter pribadi sendiri. Dengan cara ini, rumah akan terlihat minimalis tanpa terlihat kusam atau polos.

Jika Bunda suka dengan seni, bisa menambahkan beberapa unsur di dinding. Karya-karya tidak harus berlebihan dan harus ditempatkan secara strategis agar secara visual terlihat bagus.

2. Tambahkan beberapa aksen

Biasanya desain interior minimalis berwarna monokrom. Para ahli menyarankan untuk menggunakan warna yang lebih menonjolkan ruangan. Warna putih bukanlah warna minimalis.

Bunda bisa menggunakan warna netral lain, seperti krem atau cokelat dalam ruangan. Selain itu, semua barang dan furnitur harus selaras dan seimbang.

Memasukkan aksen seperti elemen kayu, rotan, lantai marmer dengan warna dinding netral bisa meningkatkan gaya dekorasi dan tak membosankan.

3. Kenalkan beberapa tekstur

Memasukkan beberapa tekstur ke dalam ruangan adalah wajib jika Bunda ingin membuatnya terlihat hangat dan tak membosankan. Beberapa ide yang sederhana adalah menambahkan tanaman hijau dengan menempatkan pot tinggi di sudut ruangan.

Tips lainnya adalah memilih bahan yang alami ketimbang sintesis. Misalnya, untuk hiasan dinding bisa gunakan bahan seperti kayu, linen, wol, dan batu untuk menambah tekstur.

4. Fokus pada cahaya

Desain interior minimalis adalah tentang ruang terbuka dan pencahayaan yang cukup. Pertimbangkan untuk menambahkan jendela yang menghadap ke arah matahari ya, Bun.

Selain itu, bisa meletakkan lampu besar dalam bentuk geometris dan lampu lantai tinggi agar terlihat elegan. Bola lampu bisa diganti dengan lampu LED yang hemat energi untuk mengurangi tagihan listrik.

5. Perhatikan aksesoris

Agar tidak terlihat membosankan, hal terakhir yang harus diperhatikan adalah aksesoris dekorasi. Tambahkanlah bantal tenun di sofa atau kursi goyang di sudut ruangan.

Tambahan lain yang bisa dimasukkan dalam dekorasi adalah vas bunga, tanaman, patung atau pahatan. Beberapa barang bisa didesain ulang dengan bentuk berbeda dan unik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *