Agar tidak bosan selama berdiam diri di rumah, Anda bisa mempercantik tampilan rumah dengan warna cat baru. Namun, adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tidak memungkinkan Anda memanggil tukang ke dalam rumah.

Tak perlu khawatir, Anda bisa membuat suasana rumah menjadi lebih segar dan menarik tanpa bantuan dari orang lain. Anda hanya perlu menyiapkan bahannya dan mengikuti kiatnya berikut ini, seperti dikutip dari laman Lamudi.

1. Siapkan roller cat

Anda harus menyiapkan roller cat. Pilihlah roller yang memiliki ketebalan yang sesuai dengan keinginan, fungsi dari roller ini dapat mengecat tembok rumah dengan cepat dan juga bisa menjangkau bagian tembok yang lebih tinggi.

2. Gunakan kuas

Selain roller, Anda juga disarankan untuk menggunakan kuas, keberadaan kuas sangat penting untuk mengecat bagi-bagian tembok yang tidak bisa dijangkau oleh roller seperti tepian jendela ataupun pintu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan kuas dengan ukuran dua inci.

3. Bersihkan tembok rumah

Sebelum mengecat, bersihkan terlebih dahulu tembok rumah dari debu kotoran ataupun permukaan yang tidak rata. Saat membersihkan tembok, Anda bisa menggunakan kemoceng ataupun spons basah. Dinding yang bersih bisa meminimalisir terjadinya gumpalan ketika di cat ulang.

4. Tandai bagian yang tidak ingin dicat

Tandai bagian tembok rumah yang tidak ingin dicat, dengan cara diselotip bagian-bagian yang tidak ingin terkena cat. Biasanya bagian yang tidak ingin terkena cat adalah tepi plafon atau bagian bawah tembok.

Jangan lupa untuk menaruh kain kotor ataupun kertas koran tidak terpakai pada bagi keramik rumah, hal tersebut sengaja dilakukan untuk menghindari tetesan cat dinding.

5. Mengecat tembok dengan arah yang sama

Cara yang benar ketika mengecat tembok adalah dilakukan dengan arah yang sama, baik vertikal ataupun horizontal. Hal itu dilakukan agar cat tidak menggumpal, tidak berantakan dan tampak rata.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *