Apa jadinya ya, saat membeli sebuah furnitur tapi baru menyadari bahwa Bunda sama sekali tidak tahu di mana harus meletakkannya? Hal ini akan membuat penataan ruangan terasa rumit, terutama di rumah minimalis.

Mengatur furnitur sebenarnya adalah bentuk seni. Nah, kabar baiknya adalah, ada beberapa panduan yang bisa Bunda ikuti untuk mengetahui bagaimana prosesnya. Berikut ini trik tepat dalam mengatur letak furnitur di ruangan yang ada di rumah minimalis, dilansir berbagai sumber.

1. Identifikasi titik fokus ruang

Ahli design Christine Markatos Lowe dari Christine Markatos Design mengatakan, perencanaan furnitur dimulai dari menetapkan harapan tentang bagaimana kita ingin menggunakan ruangan, fitur, arsitektur, atau lainnya yang ingin kita sorot. Jadi pada dasarnya, cari tahu apa yang sedang kita kerjakan dan inginkan.

“Sesuatu yang menghibur, menonton TV, atau pemandangan yang bagus semuanya ditentukan dari desain dan tata letak ruangan, sehingga kita dapat yang dibutuhkan,” jelas Markatos, dikutip dari Apartement Therapy.

Misalnya, jika ada perapian di sebuah ruangan, furnitur harus diatur di sekitarnya, sehingga orang dapat melihat api dan merasakan kehangatan.

2. Di ruang sosial, pindahkan furnitur jauh dari dinding

Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tetapi semakin banyak ruang atau jarak antara furnitur ke dinding, semakin nyaman rumah kita. Kita perlu memiliki celah-celah ruang, kata Donna Mondi dari Donna Mondi Interior Design. Bahkan beberapa inci dapat membuat ruangan terasa lebih intim.

3. Jangan takut berkreasi

Secara umum, Mondi menyarankan agar furnitur tidak diletakkan lebih tinggi dari ambang jendela atau di depan jendela, karena ini memotong ruangan dengan cara yang canggung dan menghalangi pandangan. Tetapi kadang di kamar tidur hal ini sering terjadi, tidak apa-apa. Jangan takut menjadi kreatif.

Kamar adalah ruang pribadi, yang artinya bukan tempat untuk dilihat umum. Sedikit berbeda dalam penataan dari ruangan lain bukanlah masalah. Selama pemilik kamar merasa hal itu baik-baik saja dan tidak mengganggu.

4. Ukuran adalah segalanya

Furnitur idealnya harus menjadi proporsi yang tepat untuk sebuah ruangan, dalam hal panjang, lebar, dan tinggi langit-langit. Ini artinya, pastikan furnitur yang diletakkan pada ruangan memiliki ukuran proporsional. Tidak membuat ruangan tampak sempit, tapi tidak pula menjadikan ruangan telihat lengang atau kosong.

5. Rencanakan penempatan sebelum membeli

Sebelum berbelanja furnitur di toko atau online, sebaiknya kita mengukur dulu ruangan untuk penempatan furnitur tersebut. Dan tentunya, pastikan tersedia tempat kosong untuk furnitur baru tersebut. Agar nantinya tidak mengalami kebingungan lantaran kehabisan tempat untuk meletakkan furnitur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *