Siapa bilang rumah minimalis monoton dengan gaya yang itu-itu saja? Seiring dengan tren home and living, desain rumah minimalis pun semakin kaya pilihan desain.

Salah satu yang menarik perhatian adalah rumah minimalis bergaya industrial. Ya, desain industrial yang biasanya menonjolkan elemen besi dan kayu, cocok digabung dengan konsep rumah minimalis tepat guna.

Menurut Andrea Michaelson dari Andrea Michaelson Design, saat mendesain gaya industrial, kita perlu menambahkan lebih banyak barang-barang yang nyaman. Tujuannya untuk memberikan ketenangan jiwa yang kontras.

Serta menepis kesan usang dari tema industrial, yang memang diusung dari konsep bengkel atau pabrik.

“Benda-benda yang bersifat industri biasanya mudah kusam, jadi penting untuk membawa barang-barang yang elegan untuk memberikan kesan kontras,” kata Michaelson, dikutip dari Elle Decor, Selasa (14/4/2020).

Dilansir berbagai sumber, berikut 5 tips mendesain rumah minimalis bergaya industrial yang nyaman dan elegan. Catat ya, Bunda!

1. Furnitur

Hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam mendesain rumah minimalis gaya industrial adalah furnitur. Dilansir Decor Therapy, saat mempertimbangkan gaya furnitur yang digunakan, pastikan Bunda melakukan riset dulu.

Jika memiliki anak atau orang tua baru, kita sebaiknya memilih yang aman. Lebih baik lagi mencari furnitur yang baik untuk tumbuh kembang si kecil. Bunda bisa memperbanyak elemen kayu dibanding besi-besi atau tali yang menjuntai.

2. Warna dinding

Kalau tertarik dengan konsep modern, Bunda bisa menggunakan bahan kaca, beton, batu bata, dan aluminium untuk dinding rumah. Kita bisa membuat tema sesuai selera dengan menambahkan warna solid di berbagai pola dan desain gaya industrial.

Hindari terlalu banyak memakai warna gelap, agar rumah terkesan hangat ya, Bun. Pilih warna netral sehingga konsep minimalis tetap terjaga.

3. Ruang cukup untuk gerak

Dalam mendesain rumah minimalis gaya industrial, penting untuk memikirkan ruangan yang cukup untuk bergerak. Namun, jangan takut untuk menggunakan furnitur industrial ya, Bun.

4. Ruang pribadi

Untuk menciptakan ruang bergaya industrial yang terasa hangat dan layak huni, buatlah suasana yang nyaman. Sesuaikan desain dengan kepribadian kita yang disatukan dengan lingkungan, misalnya satu tempat untuk ruang baca.

5. Pencahayaan

Gaya industrial menggunakan model pencahayaan yang berani. Jessica Lagrange dari Jessica Lagrange Interiors mengatakan, furnitur kecil di ruangan besar, langit-langit atap yang tinggi, hingga hiasan yang besar dan berani bisa digunakan di ruang utama.

“Prinsip yang sama juga digunakan untuk lampu lantai dan meja. Lampu mungkin harus lebih besar, berani, dan terlihat kuat di ruangan,” ujar Lagrange.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *