Kegiatan membersihkan rumah sewajarnya dilakukan setiap hari, apalagi ditambah dengan kondisi pandemi virus corona saat ini.

Wabah corona seolah menutut semua orang untuk lebih menjaga kebersihan dan kesehatan.

Biasanya, peralatan seperti mesin cuci dan pengering, bagian atas kusen pintu, dan alas tiang paling banyak terkena debu, area inilah yang perlu perhatian ekstra.

Para ahli kebersihan mengatakan bahwa mengatur dan membersihkan ruang dapat membuat kamu merasa sedikit baik dan lebih produktif selama masa isolasi diri.

“Ketika kami mengatur dan membersihkan, maka kami jadi bergerak,” kata Dennise Conforti, Presiden Professional Organizers di Kanada.

“Segala jenis latihan fisik diketahui membantu mengurangi stres, yang membantu meningkatkan kesehatan mental. Ketika kamu merasa teratur dan berada di ruang yang bersih, itu dapat membantu diri merasa lebih santai, menyegarkan pikiran, dan membantu mendapatkan kejelasan.”

Dilansir Grid.ID dari Global News, ternyata terdapat tempat yang harus ekstra dibersihkan selama wabah corona.

Di puncak wabah covid-19, Conforti mengatakan untuk fokus membersihkan area lalu lintas di rumah.

Sementar banyak yang dapat mempraktikkan isolasi diri, orang lain yang bekerja di bisnis-bisnis penting, seperti petugas kesehatan, apoteker, dan pegawai toko bahan makanan harus tetap pergi keluar dan berinteraksi dengan masyarakat.

Ini mengarah pada risiko orang-orang yang membawa virus ke rumah dan mungkin menyebarkannya ketika mereka menyentuh permukaan yang berbeda.

Conforti mengatakan area seperti pintu masuk rumah, “di mana kamu dan keluarga datang dan pergi setiap hari harus sering dibersihkan.”

“Gagang pintu baik di dalam rumah, maupun di luar rumah,” katanya.

“Kemudian, pikirkan barang-barang yang kamu bawa keluar rumah setiap hari dan pulang dengan, seperti mungkin dompet, tas ransel atau tas makan siangmu.”

Conforti mengatakan barang-barang itu harus dibersihkan setiap hari, seperti juga area di rumah tempat kamu menyimpannya.

Pelatih dan pengusaha produktivitas yang berbasis di Toronto, Clare Kumar, mengatakan tempat lain untuk memprioritaskan saat pembersihan musim semi selama pandemi covid-19 termasuk dapur dan kamar mandi.

“Kita akan membersihkan mungkin sedikit lebih sering, terutama di dapur karena kita akan membawa bahan makanan,” kata Kumar.

Kumar menambahkan bahwa kamu harus menghindari meletakkan barang-barang seperti tas belanjaan atau dompet di atas meja dapur atau konter, yang tempat makanan disiapkan dan dimakan.

Selain area yang harus kamu fokuskan untuk dibersihkan secara menyeluruh, Kumar juga mengatakan untuk membersihkan dan mengatur ruang yang paling mengganggumu, seperti kantor rumah atau ruang cadangan yang menjadi tempat pembuangan sampah.

Sementara itu, para ahli kebersihan mendorong untuk mengatur rumah pada saat seperti ini.

Lebih lanjut, kamu mungkin bertanya-tanya apa yang harus dilakukan dengan barang-barang yang ingin kamu singkirkan, karena sebagian besar bisnis seperti toko barang bekas telah tutup.

Conforti berkata untuk mengepak barang-barang ini, beri label “sumbangan” dan identifikasi tempat yang ingin kamu bawa begitu toko dibuka kembali.

“Dengan cara ini, ketika kamu bisa mengambilnya, tidak perlu membuka kotaknya untuk melihat apa yang ada di dalamnya,” kata Conforti.

Kemudian, kamu dapat menyimpan dan menumpuk kotak-kotak di tempat di mana mereka tidak terlihat, seperti ruang bawah tanah, ruang penyimpanan, atau garasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *