Studio arsitektur 2m26 yang berbasis di Kyoto, Jepang telah merancang dan membangun sebuah rumah minimalis. Hunian mungil itu menggunakan bahan-bahan kayu yang bersumber dari lokal.

Proyek rumah minimalis itu direalisasikan di daerah pedesaan Prancis barat daya, Guitini¨res. Rumah yang diberi nama ‘la petite maison’ adalah rumah minimalis yang menyediakan ruang terbuka yang luasnya hanya 35 meter persegi.

Rumah minimalis ini dirancang oleh 2m26 dengan komposisi persegi sederhana. Mereka memasukkan sejumlah pintu geser dan penutup, sehingga penghuni dapat menyesuaikan tata letak.

Pintu geser itu juga untuk membuat ruang interior lebih terbuka atau lebih tertutup dan nyaman. Rumah terletak di daerah yang cukup berangin sehingga desain fleksibel ini memungkinkan perlindungan dari angin atau matahari.

Rumah minimalis itu dibangun dengan hati-hati di pedesaan dengan bantuan pemiliknya. Rumah ‘la petite masion’ menggunakan struktur kayu yang diletakkan di atas petak beton.

Jika memperhatikan jejak lingkungannya, bangunan kompak itu mudah dirakit menggunakan papan cemara douglas yang bersumber dari lokal, yang juga dapat didaur ulang setelah digunakan.

Struktur kayu dibiarkan terbuka baik di eksterior maupun interior rumah. Kayu-kayu tadi menghasilkan suasana hangat dan sangat cocok dengan lingkungan yang alami.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *